Langsung ke konten utama

LAPORAN PROJECT #5 “DISPLAY PADA ESP32”

 "LAPORAN PROJECT #5 SISTEM EMBEDDED II2260"

DISPLAY PADA ESP32

Muhammad Ichsandro Daniswara Noor – 18219094

ABSTRAK

Sensor BME-280 adalah papan sensor yang dapat digunakan untuk mengukur suhu, tekanan atmosfer, ketinggian, dan kelembaban secara akurat dan cepat. Sensor MPU-6050 adalah sebuah modul berinti MPU-6050 yang berisi sebuah MEMS Accelerometer dan sebuah MEMS Gyro yang saling terintegrasi. Percobaan kali ini adalah menggunakan Display Oled untuk menampilkan tulisan bergerak, bentuk-bentuk, dan gambar yang diprogram menggunakan Arduino IDE.

Kata kunci: ESP32, Arduino IDE, Oled Display.

I. PENDAHULUAN

Oled Display

Organic light-emitting diode (OLED atau LED organik), juga dikenal sebagai electroluminescent organik (organic EL) dioda, adalah light-emitting diode (LED) di mana memancarkan electroluminescent lapisan adalah film organik senyawa yang memancarkan cahaya sebagai respons terhadap arus listrik. Lapisan organik ini terletak di antara dua elektroda; biasanya, setidaknya salah satu elektroda ini transparan. OLED digunakan untuk membuat tampilan digital di perangkat seperti layar televisi , monitor komputer, sistem portabel seperti smartphone , konsol game genggam , dan PDA. Area utama penelitian adalah pengembangan perangkat OLED putih untuk digunakan dalam aplikasi pencahayaan solid-state.

II. METODOLOGI

Metodologi yang digunakan untuk penyelesaian tugas Project #5 diilustrasikan dalam diagram berikut:


Gambar 2.1 Diagram Metodologi

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pada tahap ini dilakukan persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam bentuk software maupun hardware.

2. Perakitan Alat

Pada tahap ini dilakukan perakitan dari berbagai komponen yang telah disiapkan.

3. Membuat Program

Pada tahap ini dilakukan pemograman pada ESP32 yang telah disusun yang dilakukan menggunakan aplikasi Arduino IDE. Pemograman dilakukan agar ESP32 dapat membaca DIsplay Oled serta menampilkan tulisan, bentuk, dan gambar pada oled.

4. Uji Coba

Pada tahap ini dilakukan uji coba dengan mengirimkan program yang telah dibuat dan kemudian menjalankan perintah pada ESP32.

5. Evaluasi

Pada tahap ini dilakukan evaluasi dari awal hingga akhir uji coba apakah perintah berhasil dilakukan oleh ESP32 sesuai yang diinginkan.

III. HASIL DAN ANALISIS

3.1. Persiapan Alat dan Bahan

a. ESP32 Board DevKit V1 (30 pins)


b. OLED Display


c. Jumper Wires


d. Breadboard


3.2 Schematic Diagram

Berikut ini merupakan diagram schematic yang digunakan untuk perakitan alat dalam project kali ini yang didesain dengan fritzing:




Berdasarkan diagram tersebut terdapat Dis[lay Oled. Port VCC pada Display Oled dikoneksikan ke port 3v3 pada ESP32. Port GND pada Display Oled dikoneksikan ke port GND pada ESP32. Port SCL pada Display Oled dikoneksikan ke GPIO22 pada ESP32. Port SDA pada Display Oled dikoneksikan ke GPIO21 pada ESP32.

3.3 Hasil Perakitan Alat

Berikut ini merupakan hasil perakitan alat sesuai diagram schematic yang telah dibuat:


3.4 Menginstall Library Oled Display


3.5 Kode Program

3.5.1 Hello World

3.5.2 Shape

3.5.3 Gambar

Untuk menampilkan gambar pada Display Oled, Kita perlu mengubah gambar menjadi kode program.

Pertama ubah ukuran gambar menggunakan aplikasi seperti paint.
Kemudian save gambar kedalam format .bmp monochrome. Lalu buka gambar menggunakan aplikasi LCD Image Converter yang dapat diinstall disini https://sourceforge.net/projects/lcd-image-converter/


Lalu buka Options -> Conversion dan ikuti setting berikut


Setelah itu export gambar kedalam format .c dan berikut contoh hasilnya


Setelah itu pindah kan kode yang dihasilkan kedalam Arduino IDE


3.6 Menjalankan Program

Berdasarkan kode program yang telah dibuat. Pada bagian setup dilakukan verifikasi untuk mengecek apakah Display sudah terpasang atau belum. Setelah melakukan verifikasi dan mengupload program, ESP32 dapat melakukan perintah dengan baik dan program berjalan dengan sesuai.

3.6.1 Hello World


Display dapat menampilkan Hello World, mengganti font, dan melakukan scroll text.

3.6.2 Shape

Display dapat menampilkan Pixel, persegi, lingkaran, dan segitiga sembarang.

3.6.3 Gambar


Display dapat menampilkan gambar dari bedasarkan kode program.

Berikut ini adalah video hasil uji coba:


3.7 Evaluasi

Setelah melakukan beberapa percobaan mulai dari perakitan hingga tahap uji coba, ada beberapa kendala yang dialami. Kendala pertama adalah sensor display tidak dapat terdeteksi oleh esp32. Hal ini terjadi dikarenakan kabel menancap pada GPIO yang salah. Solusinya adalah dengan membetulkan posisi kabel ke GPIO yang sesuai. Kedua Layar Oled tidak bisa menampilkan gambar yang sesuai. Hal ini dapat diselesaikan dengan cara mengubah ukuran gambar ke 128 x 64 Pixel dan mengubah kode program.

IV. KESIMPULAN

Dari percobaan yang telah dilakukan ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:

4.1 Alat dan Bahan yang digunakan dalam percobaan ini meliputi komponen hardware yaitu ESP32, Display Oled, Breadboard, Jumper wires, microUSB, laptop/komputer, dan komponen software yaitu Arduino IDE.

4.2 Proses perakitan alat disesuaikan dengan diagram schematic dan semua komponen dapat berfungsi dengan baik.

4.3 Proses verifikasi dan pengiriman kode program ke ESP32 berjalan dengan baik tanpa kendala.

4.4 Secara umum, ESP32 berhasil melakukan perintah dengan baik yang ditandai dengan Display Oled juga dapat menampilkan tulisan, bentuk-bentuk, dan gambar.

V. DAFTAR PUSTAKA

Shamim, H., Wolfgang, Santos, S., Garber, D., Siddeshwar, Sean, . . . Blaine. (2020, July 30). ESP32 OLED display with Arduino IDE. Retrieved February 28, 2021, from https://randomnerdtutorials.com/esp32-ssd1306-oled-display-arduino-ide/

Oled. (2021, February 24). Retrieved February 28, 2021, from https://en.wikipedia.org/wiki/OLED

Software. (n.d.). Arduino. https://www.arduino.cc/en/software/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PROJECT #2 “DIGITAL IO PADA ESP32”

" LAPORAN PROJECT #2 SISTEM EMBEDDED II2260" “ DIGITAL IO PADA ESP32 ” Muhammad Ichsandro Daniswara Noor – 18219094 ABSTRAK GPIO merupakan pin sinyal digital uncommitted pada  papan sirkuit elektronik yang dapat digunakan sebagai input atau output, atau keduanya, dan dapat dikontrol oleh pengguna di  runtime .   Digital IO  adalah singkatan dari Digital Input and Output. Input Digital memungkinkan mikrokontroler untuk mendeteksi  logic states , dan Output Digital memungkinkan mikrokontroler untuk mengeluarkan  logic states .  Percobaan kali ini adalah membaca input digital dari Push Button untuk mengontrol output digital (LED) pada ESP32 yang diprogram menggunakan Arduino IDE. Kata kunci: ESP32, Arduino IDE, GPIO, Digital IO. I. PENDAHULUAN GPIO General Purpose  Input / Output  (  GPIO  ) merupakan pin sinyal digital uncommitted pada  sirkuit terpad u  atau papan sirkuit elektronik yang dapat digunakan sebagai input a...

LAPORAN PROJECT #8 "WIFI PADA ESP32"

" LAPORAN PROJECT #8 SISTEM EMBEDDED II2260" “WIFI  PADA ESP32 ”      Muhammad Ichsandro Daniswara Noor – 18219094 ABSTRAK WiFi adalah keluarga dari jaringan nirkabel protokol, berdasarkan IEEE 802.11 keluarga standar, yang biasanya digunakan untuk jaringan area lokal perangkat dan Internet akses, yang memungkinkan perangkat terdekat digital untuk bertukar data dengan gelombang radio .  Percobaan kali ini adalah menggunakan Wifi pada ESP32 agar dapat berkomunikasi dan saling mengirim data dengan Web Server. Kata kunci: ESP32, Arduino IDE, Wifi, Web Server. I. PENDAHULUAN WIFI WiFi  adalah keluarga dari jaringan nirkabel protokol, berdasarkan IEEE 802.11 keluarga standar, yang biasanya digunakan untuk jaringan area lokal perangkat dan Internet akses, yang memungkinkan perangkat terdekat digital untuk bertukar data dengan gelombang radio. Ini adalah jaringan komputer yang paling banyak digunakan di dunia, digunakan secara global di jaringan rumah da...

LAPORAN PROJECT #9 "WEB SERVER PADA ESP32"

" LAPORAN PROJECT #9 SISTEM EMBEDDED II2260" “WEB SERVER  PADA ESP32 ” Muhammad Ichsandro Daniswara Noor – 18219094 ABSTRAK Web Server adalah perangkat lunak server, atau perangkat keras yang didedikasikan untuk menjalankan perangkat lunak ini, yang dapat memenuhi permintaan klien di World Wide Web. Percobaan kali ini adalah menggunakan wifi pada ESP32 untuk menginisiasi Web Server agar dapat menampilkan hasil pembacaan sensor bme-280 pada web server. Kata kunci: ESP32, Arduino IDE, Web Server, BME-280. I. PENDAHULUAN Web Server Web Server adalah perangkat lunak server, atau perangkat keras yang didedikasikan untuk menjalankan perangkat lunak ini, yang dapat memenuhi permintaan klien di World Wide Web. Server web dapat, secara umum, berisi satu atau lebih situs web. Server web memproses permintaan jaringan yang masuk melalui HTTP dan beberapa protokol terkait lainnya. Fungsi utama server web adalah untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web ke klien. Komunika...